Macchiato Bukan Variasi Kopi Susu? Baca Keterangan Berikut!

0
caramel macchiato

Berbicara mengenai kopi memanglah tidak ada selesainya. Dimulai dari kopi susu biasa, cappuccino dan latte, lalu ada nih, macchiato. Lantas, apa juga sang macchiato ini?

Beberapa orang memiliki pendapat jika kopi macchiato adalah variasi kopi susu. Memang, susu sebagai kandungan dalam kopi macchiato, tetapi benarkah kopi macchiato terhitung ke variasi kopi susu? Berapa banyak sich kandungan susu dalam sajian kopi macchiato ini? Dibanding ingin tahu, yok mencari tahu jawabnya di artikel di bawah!

Simak Juga : Cara Menikmati Kopi Dengan Benar Bersama Okeplay777

Apa Itu Kopi Macchiato?


Saat sebelum mengategorikan macchiato sebagai kopi susu ataulah bukan, lebih bagus kita mengulas dahulu apakah itu macchiato. Nama kopi Macchiato diambil dari bahasa Italia, “macchiato” mempunyai makna “bintik” atau “pertanda”. Di dunia perkopian, macchiato memiliki makna sebuah komponen pertanda dalam sajian kopi. Dalam kerangka kopi macchiato, komponen yang dipakai ialah espresso dan susu.

Maka dari itu, macchiato itu bermakna susu yang mengidentifikasi espresso, atau espresso yang mengidentifikasi susu yang bisa dipandang dari jumlahnya ukuran yang dipakai di antara ke-2 komponen itu.

Tipe Kopi Macchiato


Dari macamnya, kopi macchiato ada dua tipe, yakni latte macchiato dan espresso macchiato. Kandungan ke-2 tipe sajian ini pada intinya sama, tetapi bedanya ada di ukurannya.

Espresso Macchiato


Espresso macchiato atau caffé macchiato ini sebagai macchiato classic dari Italia. Espresso macchiato sebuah minuman dengan 1-2 shot espresso dengan 1-2 sendok teh steamed milk dan sedikit busa di atasnya. Jika jadi perhatian, sisi busa susu itu berwujud lingkaran di tengah-tengah cangkir..

Lho, Apakah beda Dengan Cappuccino?


Espresso macchiato terkadang dihidangkan dengan latte art, seperti kopi cappuccino, tetapi ke-2 nya mempunyai kandungan espresso dan penyuguhan yang lain. Espresso macchiato dihidangkan dalam cangkir demitasse, yakni cangkir kecil yang dipakai untuk menyuguhkan espresso, dan cappuccino dihidangkan dengan cangkir yang sedikit besar.

Dalam espresso macchiato, kandungan espresso lebih menguasai, hingga komponen susu di sini cuma untuk “bintik” karena sedikit ukurannya. Dan dalam cappuccino, ukuran espresso, steamed milk dan frothed milk imbang. Dapat disebut, espresso macchiato ada di espresso dan cappuccino; lebih strong dibanding cappuccino, tetapi tidak semakin kuat dari espresso.

Berlainan dengan cappuccino, macchiato malah dibuat di Italia sebagai minuman siang atau sore hari. Ukurannya yang tidak besar dan rasanya tidak sekeras espresso membuat cocok untuk dicicipi sebagai kopi gelas ke-2 .

Latte Macchiato


Nach, berlainan dengan espresso macchiato, latte macchiato mempunyai kandungan susu yang semakin banyak dibanding espresso, hingga dapat disebut susu yang diikuti dengan espresso. Jika kamu lihat, dalam penyuguhan latte macchiato, umumnya ada titik cokelat di atasnya.

Latte macchiato sebagai salah satunya minuman berlapis, hingga penyuguhannya juga dalam gelas tinggi yang terbuka.

Langkah menyuguhkan latte macchiato juga berteknik; pertama tuangkan steamed milk ke gelas, selanjutnya tuangkan satu atau 1/2 shot espresso secara perlahan-lahan di atas steamed milk. Bila dituang secara benar, garis gradasi di antara steamed milk, espresso, dan susunan foam pada bagian atasnya pasti kelihatan terang.

Caramel Macchiato


Tenang, jika yang ini bukan variasi dari macchiato kok, tetapi sisi dari latte macchiato, karena memiliki kandungan susu yang semakin banyak dibandingkan kandungan espressonya. Caramel macchiato ini menjadi satu diantara minuman yang terkenal di kelompok pecinta kopi. Caramel macchiato memiliki kandungan espresso, steamed milk, sirup vanilla, dan sauce karamel. Caramel macchiato ini rasanya condong manis dengan kandungan kopi yang tidak banyak. Ketidaksamaan Macchiato dengan Minuman Lain

Jumlahnya sajian kopi kadang membuat kita kebingungan akan bedanya keduanya. Tetapi yang jelas, kopi macchiato mempunyai kandungan dan ukuran yang lain dengan kopi lain seperti latte atau cappuccino. Dengan ukuran yang lain, rasanya juga berlainan. Espresso macchiato mempunyai rasa espresso yang semakin kuat, cappucino dengan rasa kopi yang lebih enteng selanjutnya dituruti dengan latte.

Langkah Membuat Kopi Macchiato


Buat kamu yang ingin tahu dengan membuat kopi macchiato, berikut resep yang dapat kamu coba:

Beberapa bahan:

NESCAFÉ Classic

30 ml susu

Seperlunya air panas

Langkah membuat:

Seduh NESCAFÉ Classic dengan memakai sedikit air panas sebagai espresso.

Panasi susu.

Kocok susu dengan memakai whisk atau French press.

Tuang susu kocok ke cangkir espresso.

Suguhkan.

Saat ini, kopi macchiato diketemukan dengan beberapa tambahan yang membuat rasanya lebih bermacam, seperti tambahan whipped krim, sirup vanila, taburan cokelat, kayu manis, atau menambah rasa karamel. Buat kamu yang ingin coba caramel macchiato, kamu dapat coba NESCAFÉ Caramel Macchiato dengan rasa yang unik dengan rasa manis yang cocok . Maka, siapakah yang berminat untuk coba kopi macchiato?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *