Watak dan Rasa Kopi Papua Wamena, Kopi Tanpa Pestisida

0
kopi indonesia

Rasa Kopi Papua Wamena

Rasa kopi papua wamena benar-benar unik, dimulai dari wewangian cokelat dan floral, asam yang, sampai bodi yang media. Banyak opini di kelompok pencinta kopi jika wewangian floral yang jarang-jarang dijumpai ini disebabkan karena ketinggian tanah dan langkah penanaman tanpa memakai pestisida.

Baca Juga : Kopi Indonesia Terbaik Dan Ternikmat Di Okeplay777

Kekayaan berlimpah di tanah Papua menjadi rahasia di Indonesia. Dimulai dari barang tambang, hasil laut, keelokan pemandangan, sampai perkebunan yang hasilkan biji kopi yang nikmat. Ada dua teritori pemroduksi kopi paling besar di Papua, yakni di Nabire dan Wamena.

Perkebunan kopi Papua di Wamena berada di sejauh lembah yang terletak melingkari Kota Wamena, Lembah Baliem. Lembah itu terletak berada di segi timur Gunung Jayawijaya dengan panjang lebih kurang 80 km.

Tanaman kopi di Lembah Baliem ditanamkan di ketinggian 1.200 sampai 1.600 mdpl. Tanah perkebunannya sebagai tanah vulkanik dan temperaturnya capai 15 °C di waktu malam hari. Keadaan ini baik sekali untuk berkebun.

Tipe yang diperbudidayakan di Wamena, Papua, ialah tipe arabika yang bagus ditanamkan di ketinggian 1.000 mdpl ke atas. Pada umumnya, makin tinggi tanah tempat tanaman kopi tumbuh, makin baik juga kualitas buahnya.

Kopi papua wamena populer mempunyai rasa yang balance dan smooth. Wewangian yang dibuat memiliki nuansa cokelat dan floral yang cukup wangi, bodi media, sweetness yang, dan keasaman yang rendah. Disamping itu, tipe ini juga hasilkan flavor catatan yang condong earthy dengan kesan herbal dan aftertaste yang dirasa smokey.

Rasa kopi papua wamena termasuk benar-benar unik karena jarang-jarang sekali kopi Indonesia mempunyai kesan floral. Banyak q grader yang memiliki pendapat, jika timbulnya wewangian itu dikuasai oleh keadaan penanaman yang tidak memakai pestisida dan senyawa kimia apa saja.

Di kelompok roastery dan kafe, green bean dari papua wamena kerap dipakai sebagai kombinasi house blend karena wewangiannya. Bila Anda ingin menikmatinya, coba Nusantara Blend dari Sasame Coffee. Janganlah lupa untuk berkunjung situs Kopipedia untuk informasi menarik dunia perkopian yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *